13 September 2015

Sekilas Info Tentang Myanmar

Sudah kali kedua saya berkunjung ke Myanmar (kota Yangon dan Nay Pyi Taw [NPT]) untuk urusan pekerjaan. Ada beberapa catatan yang ingin saya bagi untuk anda yang belum pernah ke Myanmar dan suatu saat akan mengunjunginya.
  1. Pemegang paspor Indonesia bebas visa 14 hari untuk berkunjung ke Myanmar.
  2. Jika terbang dengan maskapai Garuda Indonesia dari Jakarta, bisa transit di Singapura atau Bangkok dan akan dihubungkan ke maskapai Myanmar Airways International. Total durasi terbang dari Jakarta sekitar 4 jam 30 menit.
  3. Zona waktu di Myanmar adalah GMT+06:30. Jam di Myanmar lebih lambat 30 menit dibanding jam di Jakarta (WIB).
  4. NPT adalah ibu kota pemerintahan, namun kota besar untuk perdagangan dan bisnis berada di Yangon. Jarak dari Yangon ke NPT sekitar 370 km bisa ditempuh dengan pesawat (40 menit) ataupun mobil/bis lewat jalan tol (5 jam).
  5. Bahasa dan aksara yang dipakai sehari-hari adalah bahasa dan aksara Burma.
  6. "Minggalaba" adalah istilah yang sering kali diucapkan jika saling bertemu yang bermakna "halo", "selamat datang".
  7. Mata uang yang digunakan adalah Kyat. Kyat ditukar dengan mata uang USD. 1 USD ~ 1.300 Kyat. 1 Kyat ~ Rp. 11. Jual beli USD di money changer biasanya dibatasi. Saya sarankan membawa kartu debit untuk uang cadangan dan kartu kredit untuk hotel returnable deposit.
  8. Taksi tidak menggunakan argo. Ongkos taksi disepakati dari negosiasi antara pengemudi dan penumpang. Ongkos di sekitaran kota Yangon sekitar 2.000 s.d. 3.000 Kyat.
  9. Kebanyakan mobil yang ada di Myanmar terpasang stir di sebelah kanan. Namun, jalur berkendara mobil/motor di sebelah kanan jalan. Jadi, jika akan menyeberang jalan di Myanmar bukan lihat kanan kiri tapi lihat kiri kanan.
  10. Sepeda motor dilarang di kota Yangon.
  11. Restoran makanan halal banyak tersedia di kota Yangon. Jika anda muslim dan makan di restoran di kota lainnya, pastikan ke pramusaji bahwa daging yang anda pesan bukan daging babi. Pramusaji biasanya langsung mengerti bahwa kita muslim dari Indonesia/Malaysia jika kita bilang "no pork".
  12. Minuman bir merupakan hal yang umum.
  13. Sarung merupakan pakaian nasional dan dipakai sehari-hari baik di rumah, di perjalanan ataupun di kantor, terutama kantor pemerintah.
  14. Perempuan menggunakan semacam bedak/lotion di pipi dan tetap digunakan saat berjalan/bekerja.
  15. Wisata yang umum adalah mengunjungi taman umum, monumen, pagoda, bangunan-bangunan bersejarah dan pantai (saya belum pernah pergi ke pantai di Myanmar, tapi kebanyakan review di internet menyimpulkan pantainya bagus-bagus).
  16. Paket internet untuk ponsel dapat diperoleh dengan berlangganan paket internet seperti langganan paket internet di Indonesia. Salah satu operator selular dan internet popular adalah MPT.
  17. Awal November 2015 Myanmar akan melakukan pemilihan umum legislatif nasional. Jumlah pemilih di Myanmar sekitar 32 juta orang kurang lebih sama dengan jumlah pemilih Indonesia di provinsi Jawa Barat saja.




1 comment:

Siska Iskandar said...

yeee biiiiiiiiiiiirrrrrr